Lelakon Lan Fang dalam Sastra Indonesia



Penulis : Husnul Hamidah
Editor : Irsyadur Rofiq
Penerbit : Pena Cendekia
ISBN : 978-623-99822-9-4


Mengenang Lan Fang adalah sebuah tajuk pertemuan yang digagas oleh para sastrawan Jawa Timur pada 21 Desember 2018 di Pendopo Taman Budaya Surabaya. Meskipun telah berpulang sejak tahun 2011, karya dan kepribadian Lan Fang masih kerap dibicarakan rekan sejawatnya. Bahkan salah satu penerbit besar merangkum karya-karya Lan Fang yang terserak setelah kematiaanya dalam sebuah karya post-humous (karya yang diterbitkan setelah Lan Fang meninggal dunia). Kondisi yang demikian memantik rasa ingin tahu penulis lebih dalam tentang bagaimana sebenarnya kiprah Lan Fang dalam arena sastra Indonesia dengan menggunakan ‘pisau bedah’ a la Pierre Bourdieu.

Bourdieu merupakan salah seorang tokoh sosiologi kultural post-modernism, ia juga disebut sebagai sosiolog, antropolog, etnolog yang pemikirannya banyak dipengaruhi para pemikir: Aristoteles, Thomas Aquinas, Hegel, Marx, Durkheim, Max Weber, Picasso, Franz Fanon, Jeane Paul Sartre, Huserl, Sausure, Levi Strauss, Wittgenstein, Martin Heidegger, Michel Foucault, dan lain-lain. Teori Bourdieu yang dikenal sebagai teori praktik sosial mengurai konsep tentang habitus, strategi, arena pertarungan/ranah (field), modal (capital) dan strategi.

Lan Fang sebagai individu menjadi agen yang dipengaruhi oleh habitus, yaitu sebuah produk sejarah yang terbentuk setelah dari sejak Lan Fang lahir dan berinteraksi dengan masyarakat dalam ruang dan waktu tertentu. Di sisi lain, individu juga merupakan agen yang aktif untuk membentuk habitus. Agen dibentuk dan membentuk habitus melalui modal yang dipertaruhkan di dalam arena. Adapun arena tempat Lan Fang bertaruh adalah arena sastra Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to pena_cendekia@yahoo.com

Admin Percetakan Customer Service 1
6285785522283
Admin Penerbitan Customer Service 2
6287850099491
Call us to +628785522283 from 09:00hs a 16:00hs
Halo dengan admin Pena Cendekia ada yang bisa saya bantu?
×