Pengantar Sistem Informasi Keagamaan Islam

 


Penulis: Surya Eka Priyatna, M.Cs dan Risqiatul Hasanah, M.Sos
Editor: Hj. Nahed Nuwairah, S.Ag., M.HI
Ukuran: 14 x 21 cm
Tebal: iv+193
ISBN: 978-623-8237-63-0

Buku ini membahas ruang lingkup dan pentingnya sistem informasi keagamaan Islam serta dasar-dasar sistem informasi, termasuk pengertian sistem informasi dan komponen-komponennya seperti pengumpulan data, pemrosesan data, penyimpanan data, distribusi informasi, dan pendukung pengambilan keputusan. Selanjutnya, pembahasan meliputi evolusi sistem informasi dari era manual hingga masa depan AI, Big Data, dan IoT. Selain itu, buku ini juga mengupas tentang Islam dan teknologi informasi, prinsip Islam dalam pengembangan sistem informasi, serta kasus dan contoh historis terkait dengan sistem informasi dalam konteks keagamaan Islam.

Penulis juga mengulas peran sistem informasi dalam edukasi Islam, pengelolaan masjid dan lembaga keagamaan, metodologi pengembangan sistem informasi keagamaan, desain dan arsitektur sistem, serta integrasi dengan ajaran Islam. Berbagai kasus studi aplikasi sistem informasi dalam konteks keagamaan, seperti aplikasi pendidikan Islam online, sistem informasi manajemen zakat, dan aplikasi mobile untuk ibadah dan keagamaan juga dibahas dalam buku ini.

Tantangan dan isu kontemporer seperti keamanan dan privasi data, adaptasi dengan perubahan teknologi, serta tantangan dalam implementasi sistem informasi juga diperhatikan. Terakhir, buku ini mengeksplorasi masa depan sistem informasi keagamaan dengan memaparkan tren teknologi mendatang, potensi pengembangan di masa depan, serta visi integrasi teknologi dalam Islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to pena_cendekia@yahoo.com

Admin Percetakan Customer Service 1
6285785522283
Admin Penerbitan Customer Service 2
6287850099491
Call us to +628785522283 from 09:00hs a 16:00hs
Halo dengan admin Pena Cendekia ada yang bisa saya bantu?
×